Accurate Online
Akuntansi

Pengertian Struktur Biaya dan Kunci Dari Struktur Biaya Untuk Bisnis

Setiap perusahaan pasti mempunyai cost structur atau struktur biaya yang berbeda-beda untuk setiap usaha, ketika kita mengembangkan produk, menjual produk, memelihara hubungan dengan pelanggan, dan layanan purna jual, itu membutuhkan biaya.

Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai Pengertian Struktur Biaya dan Kunci Dari Struktur Biaya Untuk kemajuan Bisnis

Pengertian Struktur Biaya

Struktur biaya mengacu pada berbagai jenis biaya yang dikeluarkan bisnis dan biasanya terdiri dari biaya tetap dan variabel. Biaya tetap adalah biaya yang tetap tidak berubah terlepas dari jumlah output yang dihasilkan perusahaan, sedangkan biaya variabel berubah seiring dengan volume produksi.

Menjalankan bisnis harus mengeluarkan beberapa jenis biaya, baik itu bisnis ritel atau penyedia layanan. Struktur biaya berbeda antara pengecer dan penyedia layanan, sehingga akun pengeluaran yang muncul di laporan keuangan bergantung pada objek biaya, seperti:

  • produk,
  • layanan,
  • proyek,
  • pelanggan,
  • atau aktivitas bisnis.

Bahkan dalam suatu perusahaan, struktur biaya dapat bervariasi antara lini produk, divisi, atau unit bisnis, karena perbedaan jenis aktivitas yang mereka lakukan.

Biaya Tetap

Biaya tetap timbul secara teratur dan tidak mungkin berfluktuasi dari waktu ke waktu. Contoh biaya tetap adalah biaya overhead seperti sewa, biaya bunga, pajak properti, dan penyusutan aset tetap.

Salah satu contoh khusus dari biaya tetap adalah biaya tenaga kerja langsung. Meskipun biaya tenaga kerja langsung cenderung bervariasi sesuai dengan jumlah jam kerja seorang karyawan, biaya tersebut masih cenderung relatif stabil dan, oleh karena itu, dapat dihitung sebagai biaya tetap, meskipun lebih umum diklasifikasikan sebagai biaya variabel di mana pekerja per jam ditempatkan. prihatin.

Biaya Variabel

Biaya variabel adalah biaya yang bervariasi dengan hasil produksi. Contoh biaya variabel termasuk biaya tenaga kerja langsung, biaya bahan langsung, utilitas, bonus dan komisi, dan biaya pemasaran.

Biaya variabel cenderung lebih beragam daripada biaya tetap.

Untuk bisnis yang menjual produk,

biaya variabel mungkin termasuk bahan langsung, komisi, dan upah borongan.

Untuk penyedia layanan,

biaya variabel terdiri dari gaji, bonus, dan biaya perjalanan.

Untuk bisnis berbasis proyek

biaya seperti gaji dan pengeluaran proyek lainnya bergantung pada jumlah jam yang diinvestasikan di masing-masing proyek.

Elemen kunci dari struktur biaya adalah sebagai berikut:

Struktur biaya produk

  • Biaya tetap: * Tenaga kerja langsung dan overhead pabrik
  • Biaya variabel: * Bahan langsung, perlengkapan produksi, komisi, dan upah borongan

Struktur biaya lini produk

  • Biaya tetap: * Biaya administrasi, biaya produksi, dan tenaga kerja langsung
  • Biaya variabel: * Bahan langsung, perlengkapan produksi, dan komisi

Struktur biaya pelanggan

  • Biaya tetap: * Cost tambahan administrasi untuk layanan pelanggan dan klaim garansi
  • Biaya variabel: * Biaya barang dan jasa yang dijual kepada pelanggan, retur penjualan, dan kredit yang diterima

Struktur biaya layanan

  • Biaya tetap: * Biaya tambahan administrasi
  • Biaya variabel: * Upah staf, bonus, potongan pajak di sumber, perjalanan, dan hiburan

Cust tertentu yang disebutkan di atas bisa jadi sulit untuk ditentukan. Jadi, Anda mungkin perlu melengkapi garis besar penetapan biaya berbasis aktivitas untuk secara dekat menetapkan biaya ke struktur biaya dari objek biaya yang diberikan.

Pentingnya Struktur Biaya dan Alokasi Biaya

Untuk memaksimalkan keuntungan, bisnis harus menemukan segala cara yang mungkin untuk meminimalkan biaya.

Sementara beberapa biaya tetap sangat penting untuk menjaga bisnis tetap berjalan, seorang analis keuangan harus selalu meninjau laporan keuangan untuk mengidentifikasi kemungkinan biaya yang berlebihan yang tidak memberikan nilai tambahan apapun pada kegiatan bisnis inti.

Ketika seorang analis memahami struktur biaya keseluruhan perusahaan, dia dapat mengidentifikasi metode pengurangan biaya yang layak tanpa mempengaruhi kualitas produk yang dijual atau layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Analis keuangan juga harus memperhatikan tren biaya untuk memastikan arus kas yang stabil dan tidak ada lonjakan biaya yang tiba-tiba terjadi.

Baca Juga : Cara Login dan Registrasi Akun Database Accurate Online

Pentingnya Pembukuan yang Baik Untuk Bisnis

Untuk memastikan seluruh pengeluran dan pemasukan berjalan efisien, Anda harus menggunakan sistem akuntansi terbaik yang bisa mengakomodir semua kebutuhan bisnis, salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi Accurate Online.

Accurate online adalah software akuntansi yang berbasis web yang mempunyai banyak fitur untuk membantu dalam pembukuan usaha anda agar lebih baik. Dengan modul dan fitur yang saling terintegrasi membuat transaksi dan laporan dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Anda bisa coba gratis Accurate online dan dapatkan diskon 25% untuk aktivasi database nya dengan mencoba free trial hanya

Related posts

Pengertian Laba Operasi dan Cara Menghitungnya Dalam Bisnis

Tips 5 Langkah Sederhana Membuat Neraca Keuangan

Mengenal Lebih Jauh Pengertian Bill of Material dan Cara Membuatnya

Leave a Comment