Rahasia mengelola stock

Rahasia Mengelola Stock Barang

Lihat Rahasia mengelola stock dengan sangat mudah. Rahasia pertama yang harus kamu tau adalah, kamu harus punya gudang penyimpanan terlebih dahulu. ini menjadi langkah awal yang penting sebelum nantinya kamu akan mengelola stock barang kamu. Meskipun bisnis kamu bisa dibilang masih kecil, atau baru memulai kamu sudah harus punya tempat khusus untuk menyimpan stock barang kamu agar tidak tercecer kemana mana. Kamu bisa membuat rak-rak kecil atau dus-dus untuk penyimpanan barang kamu.

Baca Juga: Program Accurate

Rahasianya Mengelola Stock Barang

Memisahkan Stock Baru dengan Stock Lama

Setelah kamu memiliki gudang, langkah selanjutnya adalah kamu harus memisahkan terlebih dahulu stock barang lama dengan stock barang baru. fungsinya adalah agar kamu tau stock barang lama kamu ada berapa yang tidak laku, sehingga bisa menjadi keputusan kamu juga dalam membuat/membeli bahan produksi agar tidak terjadi penumpukan stock. Langkah ini juga memudahkan kamu dalam perhitungan stock.

Berikan Kode Pada Setiap Barang | Begini rahasianya mengelola stock 

Kode barang ini amat sangat membantu kamu ketika dalam mengelola stock barang kamu. Mulai dari barang masuk dan barang keluar. Tidak hanya sekedar mengontrol barang masuk maupun keluar, tetapi juga sangat memudahkan kamu dalam proses menjual barang dalam bergam warna, bentuk dan ukuran dengan diberikannya kode pada setiap barang kamu akan lebih cepat dalam proses pencarian barang yang dimaksud.

Membentuk Tim Yang Tepat.

Rahasia ini juga harus kamu persiapkan, ketika kamu ingin memulai mengelola stock kamu harus menunjuk tim yang tepat yang akan membantu kamu mengelola stock barang masuk maupun keluar, tim ini yang akan bertanggung jawab atas masuk dan keluarnya stock barang di gudang. Melakukan pencatatan mulai dari stock masuk, stock keluar, hingga stock yang rusak/tidak layak semua harus masuk dalam pencatatan. Dengan seperti ini, kamu dapat melihat kontrol persediaan kamu berjalan dengan baik atau tidak.

Membuat Forecast Persediaan.

Setelah memiliki data yang akurat, selanjutnya kamu harus membuat forecast persediaan. forecast persediaan merupakan memperkirakan atau memprediksi segala hal yang berkaitan dengan produksi. Metode forecast ini menjadi salah satu tahapan yang kerap dilakukan untuk mengantisipasi ketiadaan barang. Dengan membuat forecast ini, kamu akan lebih mudah memperkirakan kapan kamu harus produksi/ membeli barang dari pemasok. Sehingga jika kamu menerapkan membuat forecast, stock kamu akan aman terkendali. Semoga bermanfaat

 


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *