Accurate Online
Fitur

Berikut Rumus Perhitungan Biaya Per Unit dan Contohnya

Biaya per unit atau cost per unit adalah perhitungan yang berharga untuk memastikan biaya mereka lebih rendah daripada harga yang dijual satu unit. Pemilik, manajer, dan analis bekerja untuk menyesuaikan biaya per unit untuk memenuhi tujuan penjualan.

Biaya Per Unit = (Total Biaya Tetap + Total Biaya Variabel) / Total Unit yang Diproduksi

Apa itu Biaya Per Unit?

Biaya per unit atau cost per unit adalah perhitungan yang digunakan banyak bisnis berbasis produk, dari toko lokal yang lebih kecil hingga perusahaan nasional. Bisnis berbasis layanan juga dapat menggunakan cost per unit untuk bisnis mereka, tetapi biasanya perhitungannya tidak begitu mudah.

Mengapa Biaya Per Unit Penting?

Biaya ini penting karena dapat memberi Anda gambaran tentang seberapa efisien dan sukses perusahaan Anda sehingga Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan jika diperlukan.

Biaya ini juga membantu Anda memutuskan berapa yang akan dikenakan untuk setiap produk sehingga Anda dapat yakin bahwa Anda menghasilkan keuntungan.

Agar menguntungkan, perusahaan Anda harus memiliki biaya per unit yang lebih rendah daripada harga yang Anda jual setiap unit kepada pelanggan Anda.

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Per Unit?

Ada empat bagian utama dalam menghitung biaya per unit. Langkah-langkah yang terlibat meliputi:

1. Tentukan biaya tetap Anda

Biaya tetap adalah biaya yang tetap sama sepanjang waktu. Biaya tetap tidak tergantung pada produksi unit Anda, artinya tidak peduli berapa banyak unit yang Anda produksi atau berapa banyak permintaan yang Anda miliki, biaya tetap Anda akan tetap ada.

yang termasuk barang-barang seperti :

  • sewa ruang kantor,
  • asuransi bisnis,
  • gaji dan
  • tunjangan tahunan karyawan,

sewa peralatan dan pajak properti. Ini bukan daftar lengkap kemungkinan biaya tetap. Ingatlah bahwa setiap perusahaan berbeda dan apa yang berkontribusi pada biaya tetap juga dapat berbeda.

Baca Juga : Tips 5 Langkah Sederhana Membuat Neraca Keuangan

2. Identifikasi biaya variabel Anda

Biaya variabel adalah biaya yang dapat berubah secara berkala. Perubahan ini dapat terjadi dari hari ke hari, bulan ke bulan, triwulanan, tahunan atau bahkan perubahan antar waktu produksi.

Tidak seperti biaya tetap, biaya variabel bergantung pada jumlah unit yang Anda produksi, dan dapat berubah dari satu perhitungan ke perhitungan berikutnya.

3. Ketahui berapa banyak unit yang Anda produksi

Angka terakhir yang Anda butuhkan untuk perhitungan cost per unit adalah jumlah unit yang Anda produksi. Misalnya, jika Anda membuat 100 lilin setiap bulan, nomor unit Anda adalah 100.

Ini bisa berupa unit yang Anda produksi setiap bulan atau kuartal atau Anda dapat menghitung biaya berdasarkan berapa banyak unit yang Anda hasilkan dalam periode produksi tertentu.

4. Masukkan biaya tetap, biaya variabel, dan jumlah unit ke dalam rumus

Untuk menyelesaikan perhitungan biaya per unit, Anda harus menjumlahkan biaya tetap dan variabel Anda dan membagi jumlah itu dengan jumlah unit yang Anda hasilkan. Perhitungan cost per unit adalah:

Biaya Per Unit = (Total Biaya Tetap + Total Biaya Variabel) / Total Unit yang Diproduksi

Biaya per unit berarti lebih dari berapa biaya untuk memproduksi satu unit produk Anda. Ini juga mewakili titik impas Anda, atau minimum Anda harus menjual item sebelum Anda dapat mulai menghasilkan keuntungan.

Misalnya, jika biaya perunit produk Anda adalah 50.000, harga impas Anda adalah 50.000 dan oleh karena itu, Anda harus menjual setiap unit produk Anda lebih dari 50.000 untuk menghasilkan uang.

Jika Anda menjual produk Anda seharga 55.000 per unit, Anda mendapat untung 5.000 per unit. Namun, jika Anda menjual produk Anda seharga 45.000 per unit, Anda kehilangan 5.000 per unit yang terjual.

Baca Juga : Cara Aktivasi Database Accurate Online dengan Prepaid Activation

Kesimpulan

Demikianlah pengertian biaya per unit atau cost per unit yang harus Anda ketahui jika bisnis Anda memproduksi suatu produk. Untuk memudahkan anda dalam pencatatan anda bisa menggunakan software Accurate online

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan bisnis Anda dengan praktis, menghitung biaya produksi, Ada lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, dan masih banyak lagi.

Dapatkan free trial full akses Accurate Online disini dan dapatkan diskon 25%.

Related posts

Modifikasi Laporan Nilai Persediaan Per Kategori Barang di Accurate Online

Cara Menonaktifkan Akun Perkiraan Accurate Online

Perbandingan Laba Rugi Tahun dan Tahun Lalu Widget Accurate Online

Leave a Comment