Accurate Online
Accurate

Mekanisme Pembatasan Piutang Pelanggan (Credit Limit) di Accurate Online

pembatasan piutang pelanggan

Pembatasan Piutang Pelanggan Pada Accurate Online, fitur ini berfungsi untuk membatasi nilai piutang yang bisa di berikan kepada Pelanggan (Customer). 

Lalu bagaimana mekanisme serta ketentuan dari fitur Pembatasan Piutang Pelanggan ini ? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga : Berikut Cara Membuat Faktur Penjualan di Accurate Online

Pembatasan Piutang pada Pesanan Penjualan akan keluar Peringatan jika Piutang Pelanggan + Nilai Pesanan Penjualan melebihi Pembatasan Piutang-nya, misalnya:

Contoh 1 :
– Piutang Pelanggan = 0 (nol)
– Pembatasan Piutang =  Rp 1.000.000

  1. Saat membuat Pesanan Penjualan sebesar Rp 200.000, peringatan tidak akan tampil karena Piutang Pelanggan + Nilai Pesanan Penjualan tidak melebihi Pembatasan Piutang Pelanggan (Credit Limit).

  2. Lalu membuat Pesanan Penjualan sebesar Rp 700.000, peringatan juga tidak tampil karena Piutang Pelanggan + Nilai Pesanan Penjualan tidak melebihi Pembatasan Piutang Pelanggan (Credit limit).

  3. Jika langsung membuat Pesanan Penjualan sebesar Rp 1.500.000, maka Peringatan akan tampil, dikarenakan Nilai Pesanan Penjualan telah melebihi Pembatasan Piutang Pelanggan yaitu sebesar 1 juta (karena owing + SO sudah melebihi credit limit). 

Baca Juga : Berikut Cara Mencatat Retur Penjualan atas Faktur Penjualan Yang Sudah Lunas di Accurate Online

Contoh 2 :
– Piutang Pelanggan = 0 (nol)
– Pembatasan Piutang =  Rp 1.000.000

  1. Pada saat membuat Faktur Penjualan sebesar Rp 250.000, maka akan tampil piutang pelanggan sebesar Rp 250.000

  2. Lalu saat dilanjutkan dengan membuat Pesanan Penjualan sebesar Rp 800.000, maka akan tampil peringatan dikarenakan Piutang Pelanggan + Nilai Pesanan Penjualan melebihi Pembatasan Piutang Pelanggan-nya.

Contoh 3 :
Peringatan pada saat membuat Pesanan Penjualan ataupun Faktur Penjualan setelah dilakukan pembayaran, maka Pembatasan Piutang tersebut akan terisi ulang dan bisa digunakan kembali, misalnya :

Pembatasan Piutang Pelanggan = Rp 1.000.000

  1. Pada saat membuat Faktur Penjualan sebesar Rp 600.000, maka pelanggan tersebut memiliki piutang sebesar Rp 600.000

  2. Kemudian jika ada pembayaran atas Faktur Penjualan tersebut, maka Pembatasan Piutang (Credit Limit) akan kembali ke kondisi sebesar Rp 1.000.000 kembali.

Baca Juga : Retur Penjualan dari Faktur dengan kuantitas sebagian di Accurate Online

Contoh Penginputan Credit Limit di Accurate Online

Pelanggan A merupakan pelanggan tetap PT. Nusantara.

Setiap bulan Pelanggan A ini selalu membeli produk PT. Nusantara dengan nominal cukup besar dan berulang-ulang (Repeat Order).

Namun untuk sistem pembayarannya, Pelanggan A memilih untuk melakukannya di akhir bulan (Piutang).

  1. Nusantara memperbolehkan Pelanggan A ini untuk bisa ber-hutang ke perusahaan dengan Catatan :

  2. Pada bulan berikutnya, baru boleh hutang kembali ketika sudah tidak ada faktur penjualan yang berumur 30 Ketika ada satu faktur penjualan yang umurnya sudah 30 hari dan belum dilunasi, maka Perusahaan tidak memberikan ijin untuk membuat Faktur Penjualan kembali.

  3. Batas maksimal berhutang ke PT. Nusantara hanya sebesar Rp 100.000.000

Baca Juga : Dengan Fitur Pengingat Hutang Piutang di Accurate Online semua Transaksi Bisnis Tercatat dan Terjadwal

Bagaimana perlakuannya di Accurate ?

Langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut ini :

  1. Buka menu Penjualan | Pelanggan, buat nama Pelanggan A, isikan informasi pelanggannya. Lalu klik tab Lain-Lain, kemudian isikan informasi pembatasannya lalu simpan.

Pembatasan Piutang Pelanggan

Pengaturan Pembatasan Piutang Pelanggan

  1. Mengaktifkan fitur Pembatasan Jika ada Faktur berumur lebih dari 30 hari”Artinya : Jika nanti Pelanggan A ingin berhutang ke PT. Nusantara lagi, namun ternyata masih ada Faktur Penjualan yang belum lunas dan sudah berumur lebih dari 30 hari. Maka Accurate akan otomatis mengeluarkan notifikasi bahwa “Pelanggan A telah melewati batas piutang, ada faktur yang belum dilunasi lebih dari 30 hari”

Pembatasan Piutang Pelanggan

Peringatan Pembatasan Umur Piutang

  1. Mengaktifkan fitur Jika total piutang & pesanan melebihi Rp 1.000.000”
    Artinya : Jika nanti Pelanggan A ingin berhutang ke PT. Nusantara lagi, namun ternyata masih ada nilai piutang yang belum lunas dan apabila dijumlahkan dengan nilai Faktur per sekarang lebih dari Rp100.000.000, maka Accurate akan mengeluarkan notifikasi “Pelanggan A telah melewati batas piutang. Total Piutang dan pesanan menjadi lebih dari Rp100.000.000”

Pembatasan Piutang Pelanggan

Peringatan Pembatasan Nilai Piutang Pelanggan

Catatan : untuk limit piutang Pelanggan A ini dihitung dari nilai, Piutang Pelanggan A + Pesanan Penjualan Pelanggan A + Faktur Penjualan yang dibuat sekarang untuk Pelanggan A.

Perbedaan Peringatan antara Pengguna dengan level Administrator dan Operator adalah

  1. Pada Pengguna Admin, akan ada notifikasi dan pilihan Edit” dan “Lanjutkan”. Apabila klik/pilih lanjutkan, maka transaksi tsb bisa tersimpan.

  2. Pada Pengguna Operator, hanya akan ada notifikasi “Batal” dan “Edit” saja. Kecuali jika Pengguna Operator diberikan Hak Akses untuk “Menjual melebihi limit piutang” pada Akses Grup, maka Pengguna Operator tersebut bisa membuat Faktur Penjualan yang sudah melebihi Pembatasan Piutang-nya.

Available for Accurate Online

Baca juga : Berikut Faktor Penting Dalam Memilih Software Akuntansi Online Terbaik Bagi Bisnis UMKM 

Jika Anda merasa kesulitan dalam melakukan pencatatan keuangan secara manual, Anda bisa meggunakan software akuntansi yang mudah dioperasikan dan memiliki fitur yang lengkap seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia, baik dari UKM sampai perusahaan besar yang memiliki banyak cabang. Accurate Online juga telah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang sebagai software akuntansi terbaik di Indonesia.

Tentunya Accurate Online juga bisa Anda gunakan di perangkat apapun, tidak hanya melalui komputer di kantor Anda.

Baca Juga : Berikut Bedanya Accurate V5 Desktop (Offline) dengan Accurate Online

Jika kamu ingin berlangganan Accurate Online, kebetulan Accurate Online sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Jika Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur, promo, diskon dan cara beli software Accurate yang aman. Kamu juga bisa kontak Team Marketing Accurate dibawah ini yah : 

accurate online

Baca Juga : Cara Beli Software Accurate Yang Aman, Mudah dan Praktis

Anda bisa langsung menggunakan layanan dari Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan cara klik tautan gambar di bawah ini.

accurate online

Related posts

Cara Berlangganan Accurate Online Resmi

Selesaikan Pekerjaan dengan cepat dan tepat Dengan Accurate Online

e-Billing Pajak : Pengertian dan Cara menggunakannya Pada Accurate Online

Leave a Comment