Accurate Online
Akuntansi

Pengertian Arus Kas dan Cara Menyusun Laporan Arus Kas

Sebagai pebisnis anda pasti sudah tidak asing dengan istilah arus kas, ada baik nya anda juga memahami dan mengerti cara membaca laporan arus kas, pada kesempatan ini saya akan membagikan informasi menarik mengenai pengertian arus kas, dan juga cara menyusun laporan arus kas. selengkapnya silahkan simak yaa..

Pengertian Laporan Arus Kas

Demi menjaga stabilitas keuangan, sebuah perusahaan barang dan jasa pasti memiliki sistem akuntansi atau pencatatan laporan dari semua kegiatan transaksi. Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK), selain neraca dan ekuitas/laporan perubahan modal, terdapat laporan arus kas yang harus senantiasa dibuat per periode.

Laporan arus kas atau yang biasa disebut dengan cashflow ini sendiri dapat diartikan sebagai catatan keuangan yang berisi informasi tentang pemasukan dan pengeluaran selama satu periode. Laporan ini akan sangat berguna ketika Anda akan mengevaluasi struktur keuangan (likuiditas dan solvabilitas), serta aktiva bersih perusahaan. Tak hanya itu, Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai strategi adaptif menghadapi perubahan keadaan dan peluang.

Uniknya, catatan keuangan ini hanya untuk semua transaksi kas/cash. Penasaran?

Yuk, ketahui lebih jauh tentang laporan keuangan ini beserta contohnya.

Baca Juga : Tujuan Anggaran dan Jenis-jenisnya untuk Bisnis

3 Elemen dalam Laporan Arus Kas

Di bawah ini adalah rincian setiap bagian dalam laporan arus kas. Meskipun setiap perusahaan akan memiliki item yang mungkin berbeda, penyiapan umumnya biasanya sama. Panduan ini akan memberi Anda gambaran umum yang bagus tentang apa yang harus dicari saat menganalisis sebuah perusahaan.

Aktivitas Operasi

Dimulai dengan Arus Kas dari Aktivitas Operasi. Ini dimulai dengan laba atau rugi bersih, diikuti dengan penambahan atau pengurangan dari jumlah tersebut untuk menyesuaikan laba bersih ke angka arus kas total.

Apa yang ditambahkan atau dikurangkan adalah perubahan saldo akun item yang ditemukan dalam aset lancar dan kewajiban lancar di neraca, serta akun non-tunai (misalnya, kompensasi berbasis saham). Kemudian Anda akan mengetahui pendapatan bersih perusahaan.

Aktivitas dari Investasi

Kategori pada laporan arus kas ini disebut sebagai Arus Kas dari Aktivitas Investasi dan laporan perubahan belanja modal atau capital expediture (CapEx) dan investasi jangka panjang.

CapEx mengacu pada pembelian aset properti, pabrik, atau peralatan. Investasi jangka panjang dapat mencakup instrumen hutang dan ekuitas perusahaan lain. Item penting lainnya yang ditemukan di sini adalah akuisisi bisnis lain. Kunci yang perlu diingat adalah bahwa perubahan aset jangka panjang di neraca dilaporkan dalam laporan arus kas aktivitas investasi.

Aktivitas dari Pendanaan

Kategori ini juga disebut Arus Kas dari Aktivitas Pembiayaan dan melaporkan setiap penerbitan atau pembelian kembali saham dan obligasi perusahaan, serta pembayaran dividen yang dilakukannya. Perubahan kewajiban jangka panjang dan ekuitas pemegang saham di neraca dilaporkan dalam aktivitas pendanaan.

Cara Menyusun Laporan Arus Kas

Catatan keuangan ini bisa dibuat dengan berpatokan pada dua sumber data, yakni; neraca periode berjalan dan sebelumnya, serta laporan laba/rugi pada periode ini. Untuk penyajiannya pun bisa dibuat dengan dua cara, yakni direct method (langsung) dan indirect method (tidak langsung).

Perbedaan keduanya hanya terletak pada penyajian data yang berasal dari aktivitas operasi. Pada penyajian langsung, kegiatan operasional dikelompokkan ke dalam berbagai kategori, termasuk diperinci ke dalam dua jenis arus kas; arus masuk atau keluar.

Sedangkan pada penyajian tidak langsung, pada aktivitas operasi ditentukan dengan mengoreksi laba bersih yang telah ada di laporan laba rugi. Jadi, indirect method lebih memusatkan diri pada data yang sudah ada di neraca dan laporan laba rugi.

lima langkah untuk membuat laporan ini, yaitu;

  • Menghitung kenaikan atau penurunan kas
  • hitung kas bersih (netto) pada aktivitas operasi, baik dengan cara langsung maupun tidak langsung.
  • kas bersih (netto) pada aktivitas investasi
  • Menghitung kas bersih (netto) pada aktivitas pendanaan
  • Hitung jumlah kas bersih dari ketiga aktivitas tersebut beserta saldo awal kas.

Pentingnya software Akuntansi

Baca Juga : Cara Aktivasi Database Accurate Online

Laporan arus kas tidak hanya akan sangat berguna untuk memudahkan pengecekan kas pada periode tersebut, tetapi juga dapat menjadi dasar prediksi dari ketidakpastian kesehatan keuangan bisnis Anda di masa mendatang. Karenanya, laporan ini akan sangat bermanfaat bagi para kreditor, investor, pihak manajemen, atau pihak terkait lainnya.

Maka dibutuhkan nya software akuntansi untuk membantu dalam pembuatan laporan, Accurate online adalah software akuntansi  user friendly yang sangat mudah digunakan.

Anda dapat dengan mudah mengelola dan mengontrol laporan keuangan secara rinci seperti laporan neraca, laba/rugi dll.

Ingin tau sejauh mana Accurate dapat mengcover pembukuan usaha mu yuuk segera coba gratis 30 hari disini, atau jika anda ingin langsung mengaktivasi dapatkan diskon 25% untuk aktivasi database Accurate online anda disini.

Related posts

Software Akuntansi Untuk Lembaga Kursus dan Training

Aturan Debit Kredit Dalam Akuntansi & Siklus Akuntansi

Buku Kas Perusahaan Membantu Pelaku Bisnis Mengetahui Kondisi Keuangannya

Leave a Comment