Proses Akuntansi Bagi UKM

Proses Akuntansi Bagi UKM

Proses Akuntansi Bagi UKM. Proses akuntansi merupakan kombinasi dari serangkaian kegiatan yang dimulai ketika transaksi terjadi dan berakhir dengan dimasukkannya dalam laporan keuangan pada akhir periode akuntansi. Urutan prosedur akuntansi yang digunakan untuk mencatat, mengklasifikasikan dan meringkas informasi akuntansi sering disebut siklus akuntansi.

Proses Akuntansi Bagi UKM

Berikut tahapan proses dan siklus akuntansi

MEMBUAT JURNAL AKUNTANSI PER TRANSAKSI

Jurnal transaksi berfungsi untuk mencatat dan setiap aktifitas transaksi dan nantinya akan di kelompokan ke dalam pos buku besar. Rekening buku besar akan mengklasifikasikan data akuntansi ke dalam kategori tertentu dan dicatat dalam entri jurnal umum sesuai dengan klasifikasi itu. Banyaknya data yang dimasukkan ke jurnal umum tergantung pada frekuensi input dari jurnal transaksi ke buku besar. Begitu ada ketidakseimbangan aktiva dan pasiva, penelusuran kesalahan akan lebih mudah dilakukan.

PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

Setelah membuat  neraca percobaan menemukan keseimbangan, siklus akuntansi selanjutnya  akan melangkah pada fase pembuatan laporan keuangan. Ada empat jenis laporan yang dibuat dalam fase ini yaitu laporan laba-rugi, neraca, arus kas, dan perubahan modal.

IDENTIFIKASI TRANSAKSI

Klasifikasi ini memerlukan bukti-bukti dokumen seperti tanda terima, faktur, jadwal penyusutan, laporan bank, dan lain sebagainya. Dokumen-dokumen itu adalah bukti bahwa kegiatan ekonomi terjadi secara sungguh-sungguh dan bukan cerita rekaan semata. Pelaku transaksi juga akan dimintai keterangan agar kegiatan ekonomi benar-benar dapat dipertanggungjawabkan untuk kepentingan perusahaan.

PENUTUPAN BUKU ( Siklus proses akuntansi ) 

Penutupan buku besar dilakukan dengan pelaporan pendapatan dan biaya yang telah diakumulasikan dalam periode tertentu. Bisa saja periode ini terjadi dalam rentang bulan, kuartal, semester, atau tahun. Agar rekening pendapatan dan pengeluaran tidak tercampur dengan periode sebelum atau sesudahnya, akhir periode selalu ditandai dengan saldo nol.

Demikian proses dan siklus akuntansi untuk bisnis UKM, mempelajari akuntansi mungkin terasa menyulitkan bagi sebagian pengusaha UKM karena itu kebanyakan dari pengusaha UMM menggunakan software akuntansi untuk alat bantu untuk mengatasi kerumitan siklus akuntansi

Software akuntansi membantu membuat user setelah tahapan entry data, seperti mencetak bukti transaksi (invoice), membuat jurnal, mengelompokan ke dalam laporan buku besar dan membuatkan laporan keuangan dan laporan pendukung lainnya. Salah satu software akuntansi yang banyak di gunakan oleh KM adalah Program Acccurate.

Accurate memiliki 2 tipe yaitu Accurate 5 yang berbasis desktop dan Accurate Online yang berbasis cloud yang lebih fleksibel karena bisa di akses darimana saja. bisa akses dari HP dan sebagainya.

Info lengkap tentang Accurate Tlp/WA : 085 777 555 721

 


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *