Tips Memilih Software Akuntansi untuk UKM

 

Tips Memilih Software Akuntansi untuk UKM adalah cara terbaik menentukan program keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget perusahaan. Era modern software akuntansi adalah hal yang wajib untuk digunakan bagi setiap usaha dan bisnis. Pembukuan manual sudah tidak sesuai untuk di gunakan dan sangat tidak efektif karena sangat memakan waktu dan mudah hilang datanya.

Tips Memilih software akuntansi untuk UKM

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan:

Fitur Sesuai Kebutuhan

Agar Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak, pastikan Anda mengetahui betul apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Karena saat ini software akuntansi memiliki beberapa fitur dan layanan, mulai dari mengelola data utang piutang, pajak, faktur, neraca saldo, laporan, dan lain sebagainya.

Sedangkan semakin banyak fitur yang ada, maka semakin mahal pula harga software itu. Sehingga akan lebih baik jika Anda memilih software yang paling sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh fitur yang baik untuk software akuntansi harus ada fitur

  • Membuat dan cetak faktur penjualan, surat jalan, PO dsb.
  • Perhitungan otomatis
  • Memonitor saldo hutang dan piutang
  • Updatedan cetak laporan keuangan dan pendukungnya
  • Melacak penjualan produk dan pembelian
  • Mengelola pelanggan dan pemasok
  • Mengelola aset dan hitung penyusutan otomatis
  • Perhitungan laporan keuangan lengkap seperti neraca keuangan, laba rugi, arus kas, perubahan ekuitas dan rekonsiliasi bank
  • Mencocokkan transaksi secara otomatis
  • Melakukan audit atas data yang telah dimasukkan

Pilih Software Akuntansi Online atau Offline

Software akuntansi yang beredar saat ini terdiri dari dua basis sistem, yaitu software yang digunakan secara online atau offline. Apabila Anda memilih software offline maka database ada di server anda dan kelola sendiri. Biasanya juga harus di instal di komputer dan cuma bisa di akses dalam 1 lokasi atau 1 jaringan lokal. Aplikasi online biasa berbasis web dan data tersimpan di publik cloud sehingga bisa di akses di mana saja. Dari sisi biaya software akuntansi online ada biaya langganan untuk server dan maintenence.

Baca Juga : Tampilan dan Modul Accurate Online

Harga dan Biaya Tambahan

Memilih untuk menggunakan software akuntansi dengan harga yang tinggi, maka akan semakin baik pula kinerja dan performa yang akan dimiliki. Walaupun begitu, tak perlu risau karena sudah banyak beberapa jasa yang dapat menawarkan harga yang murah namun dengan kualitas yang baik pula. Untuk itu, pastikan kembali jenis usaha dan budget yang dimiliki serta software akuntansi apa yang akan dibutuhkan. Ini bertujuan agar perusahaan tidak mengeluarkan biaya yang besar namun banyak fitur yang tidak berguna atau tidak dapat digunakan untuk kepentingan bisnis nantinya.

Baca juga : Harga software akuntansi online terbaru

After Sales Support

Hal yang penting namun sering terlupakan adalah memperhatikan dukungan customer support. Apabila Anda baru ingin menggunakan software ini, maka pastikan vendor penyedia program juga memberi layanan customer support yang memadai. Karena pada awal pemakaian tak jarang Anda membutuhkan bantuan untuk mengatasi kendala pengoperasian.

Keamanan Data

Apabila Anda ingin menggunakan program akuntansi, maka Anda juga harus memastikan jaminan keamanan datanya. Tanyakan kepada developer penyedia software apakah data tersebut sudah terjamin keamanannya, baik dari pembobolan data secara offline maupun online.

Bisa Export ke Excel

Seluruh laporan keuangan umumnya akan lebih sering diakses dengan menggunakan Microsoft Excel. Dan Anda sebaiknya memilih software akuntansi yang menyediakan layanan fitur impor dan ekspor data berupa excel. Hal ini berfungsi untuk memastikan keamanan data apabila secara tak terduga ada bug atau kesalahan sistem pada software.

Referensi Perusahaan Lain

Paling mudah memilih program akuntansi yang cocok usaha kita adalah mendapatkan referensi dari kompetitor atau usaha sejenis. Kalau di perusahan sejenis dengan kita dapat menggunakan pasti perusahaan kita juga dapat menggunakan.

3 Software Akuntansi Paling Banyak Digunakan Oleh Perusahaan di Indonesia

Berikut adalah beberapa referensi software akuntansi yang bisa jdi cocok untuk di gunakan oleh perusahaan anda

1. Software Accurate

Accurate adalah software akuntansi buatan lokal yang bertahan cukup lama di industri software keuangan sejak tahun 2000. Otomatis pengguna accurate juga sudah cukup banyak dari berbagai bidang usaha di seluruh indonesia. Accurate juga salah satu software akuntansi top brand dari 2016 sd 2021 dan sekarang Accurate selain versi desktop (offline) juga mempunya versi web (online cloud). Dari sisi biaya versi desktop dan online cukup terjangkau. Harga accurate online kisaran 200 ribu per bulannya

Login Accurate disini

Minus accurate : Tidak menerima kustom program (software jadi)

2. Jurnal.ID

Software jurnal adalah software akuntansi berbasis cloud yang saat ini sudah banyak dikenal oleh UMKM di Indonesia. Kelebihan jurnal adalah kemudahan penggunaan dan pembukuan yang sangat sederhana. Jurnal juga memberikan free training di awal penggunaan awal. Biaya bulanan jurnal dengan fitur lengkap mulai dari 399 ribu.

Minus jurnal ; Fitur akuntansi sederhana dan perpajakan ada biaya tambahan

3. ERP sistem SAP

SAP adalah program akuntansi kustom dan berbasis web. Menggunakan sistem SAP hanya siap dengan budged dan biaya yang cukup besar. Penggunaan SAP juga terbilang tidak mudah dan biasanya di gunakan oleh perusahaan-perusahaan besar sekelas MNC group, Unilever dan sebagainya.

Minus: Biaya cukup besar dan tidak user friendly

Tips Memilih Software Akuntansi Untuk Bisnis

Demikian penjelasan Tips Memilih Software Akuntansi Untuk Bisnis. Semoga membantu Bapak atau Ibu memilih software akuntansi yang tepat untuk usaha anda. Sebagai informasi jika anda mau menggunakan accurate sebagai pilihan software akuntansi anda. Pemesanan bisa langsung infokan Nama PT, alamat, NPWP dan email  kirim ke  marketing di 0812-8434-1364 dan bisa Trial Accurate gratis 30 hari.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *