Pengertian Distributor dan Fungsinya untuk Bisnis Mu

Pasti kata distributor sudah tidak asing lagi dan sering di dengar dan disebut apalagi yang jenis usahnya nya treding atau jual beli, pada artikel ini saya akan membahas mengenai pengertian distributor dan fungsinya yuuk cari tau lebih lanjut.

Pengertian Distributor

Apa yang di maksud dengan distributor? pengertian distributor atau penyalur adalah pihak yang membeli produk secara langsung dari produsen dan menjualnya kembali ke retailer atau pengecer, atau bisa juga menjual langsung ke konsumen akhir.

Biasanya, distributor barang membeli produk dalam jumlah besar ke produsen. Selanjutnya, barang tersebut akan dijual lagi ke para retailer, grosir, maupun dijual langsung ke konsumen. Jadi, peran distributor di sini sangat penting sebagai tangan pertama yang menghubungkan antara produsen dengan konsumen akhir.

Fungsi Distributor

Fungsi utama penyalur adalah sebagai perantara antara produsen dengan pengecer atau konsumen. Setelah membahas pengertian penyalur, sekarang kita bahas fungsi dari distributor adalah sebagai berikut :

Membeli produk dari Produsen

Barang yang sudah berhasil dibuat oleh produsen harus bisa disalurkan sehingga uang bisa terus diputar menjadi modal kembali. Distributorlah yang menjalankan fungsi sebagai pembeli hasil akhir dari produsen tersebut untuk disalurkan dan dijual kembali.

Menyimpan Produk

Ketika membeli produk dari produsen, seorang distributor tidak bisa menyalurkan secara langsung kepada konsumen. Hal ini karena biasanya konsumen cenderung membeli barang dalam jumlah sedikit sehingga diperlukan penyimpanan. Distributor inilah yang menyimpan produk dalam gudang selama beberapa waktu sebelum disalurkan.

Klarifikasi Produk

Biasanya suatu produk memiliki klasifikasi tersendiri baik dalam segi kualitas misalnya dan disini distributorlah yang memiliki peran tersebut. Distributor juga memilah produk tergantung kepada ukuran, jenis, serta kualitasnya sehingga tidak tercampur.

Menjual Produk

Penjualan produk yang dilakukan oleh distributor ini biasanya dilakukan kepada pengecer atau bisa juga secara langsung kepada konsumen. Dalam penjualan produk ini, distributor mematok harga lebih tinggi dari pembelian untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatannya.

Mengangkat Produk

Proses yang dilakukan oleh distributor juga meliputi perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lain seperti dari produsen ke konsumen. Nah, yang menjalankan fungsi ini adalah distributor dimana biasanya biaya pengangkutan ini akan dibebankan kepada konsumen dalam bentuk harga produk.

Strategi Distributor

Tentunya ada beberapa strategi yang bisa dijalankan untuk bisa menjalankan kegiatan distribusi dengan baik. Dengan berbagai strategi yang bisa dilakukan maka Anda akan menjalankan aktivtas distribusi dengan baik.

  • Memberikan Potongan Harga
  • Melakukan Promosi Produk
  • Pembelanjaan Mudah
  • Memberikan Layanan Terbaik
  • Garansi produk

Baca Juga : Ketahui Pengertian Kasbon dan Cara Mudah Pencatatan nya

Software Akuntansi Untuk Distributor

Setelah mengertahui apa yang di maksud dengan distributor dan sebagai perusahaan distributor  sudah pasti perusahaan membutuhkan sistem akuntansi keuangan untuk pengelolaan sistem keuangan nya, Accurate Online adalah software akuntansi yang bisa di pakai untuk perusahaan yang jenis usahanya distributor .

Untuk pengelolaan transaksi sampai dengan laporan akan terintegasi dengan baik oleh Accurate Online, Accurate dapat terhubung dengan berbagai market place e-commerce seperti Bukalapak,tokopedia, shopee,Jdid dll yang akan memudahkan anda penarikan transaksi yang ada di market place.

Semua transaksi yang di input akan menghasilkan laporan yang akan dengan mudah di akses dimana saja dan kapan saja, yuuk aktifasi Accurate Onlne sekarang dapatkan diskon 25% disini.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *